Begini Mudahnya Membersihkan Mouse Menurut Komputer Medan



Semua orang pada titik tertentu saat menggunakan PC perlu membersihkan mouse. Panduan ini akan membawa Anda melewati langkah-langkah untuk membersihkan mouse optik dan mouse mekanis (mouse bola) menurut toko komputer medan yang bisa langsung anda praktekkan.

Bila mouse optik perlu membersihkan gerakan penunjuk mouse akan sporadis dan mungkin juga melompat melintasi layar tanpa alasan. Bila mouse mekanis (mouse bola) perlu dibersihkan, Anda akan melihat penunjuk mouse menempel dalam satu posisi saat Anda memindahkannya.

Untuk membersihkan mouse cukup mudah dan hanya butuh 10 menit untuk mouse bola dan sedikit waktu untuk membersihkan mouse optik.

Operasi mouse dasar
Pertama, untuk memahami apa yang terjadi saat mouse Anda menjadi kotor dan memperjelas bagian mana yang perlu dibersihkan, sebuah kata singkat tentang bagaimana berbagai jenis mouse bekerja.
Bagaimana mouse optik bekerja

Mouse optik menggunakan cahaya untuk melacak gerakan mouse. LED (Light Emitting Diode) menghasilkan cahaya yang dipantulkan kembali menjadi sensor cahaya (Photodiode). Perbedaan di permukaan di bawah lensa mouse dipindai saat mouse bergerak, arahnya dihitung dan gerakannya disimulasikan dengan mouse pointer.

Jika ada benda asing seperti rambut atau potongan debu yang mengganggu komunikasi cahaya antara LED dan sensor itu akan menghasilkan perilaku yang sangat tak terduga!

Cara mouse mekanis (mouse bola) bekerja
Saat Anda menggerakkan mouse di atas permukaan datar, bola di dalamnya menghasilkan satu set dari 3 rol. Setiap rol diatur pada sudut yang berbeda dengan rekan-rekannya, karena rolnya diputar, sinyal elektronik dikirim ke komputer. Komputer kemudian menafsirkan sinyal ini ke dalam gerakan penunjuk mouse di layar Anda.

Untuk alasan ini penting untuk menjaga rol dan bola di dalam mouse bersih. Setiap potongan debu atau kotoran, tidak peduli seberapa kecilnya, bisa membuat tikus Anda berperilaku tidak normal.

Cara membersihkan mouse optik
Meskipun tikus optik biasanya membutuhkan perawatan yang jauh lebih sedikit daripada rekan mekanik mereka, mereka perlu dibersihkan sesekali.

Untuk membersihkan mouse optik sebaiknya kurang dari 5 menit, sehingga memberikan hasil bersih yang cepat setiap bulan harus dapat dicapai dan akan membantu memastikannya bekerja dengan lancar.

Langkah pertama adalah mencabut mouse anda. Tikus optik biasanya terhubung ke komputer melalui port USB, jika Anda memiliki mouse USB maka Anda bisa mengeluarkannya tanpa mematikan komputer. Jika mouse Anda terhubung menggunakan konektor yang berbeda maka sebaiknya matikan komputer terlebih dulu.

Setelah dicabut lihat bagian bawah mouse untuk menemukan area di mana LED dan lensa berada.
Basahi ujung cotton bud dengan beberapa tetes cairan pembersih yang sesuai, jangan sekali-kali memasukkan cairan langsung ke mouse. 

Ambil cotton bud yang lembab dan bersihkan area ini untuk menghilangkan debu atau residu, berhati-hatilah agar tidak memberi tekanan pada LED atau lensa. Juga, pastikan tidak ada kelebihan cairan yang keluar dari cotton bud ke dalam mouse. Anda mungkin menemukan mengubah cotton bud di antara jari-jari Anda bisa menjadi efektif. Setelah selesai, gunakan cotton bud kering untuk menyeka area dengan lembut agar warnanya kering.

Tempatkan mouse dengan benar dan biarkan 2 menit sebelum Anda menyambungkannya kembali.

Cara membersihkan bola mouse (mouse mekanik)
Pertama, matikan komputer Anda (kecuali jika Anda memiliki mouse USB) dan kemudian cabut mouse Anda. Dapatkan ke tangan jaringan lunak bersama dengan beberapa cairan pembersih yang sesuai (pembersih jendela baik-baik saja).

Perhatikan penutup yang bisa dilepas di bagian bawah mouse.

Putar penutup mouse berlawanan arah jarum jam untuk melepaskannya dan lepaskan bola.
Gunakan jaringan lunak untuk membersihkan bola tikus yang memastikan untuk menghilangkan semua debu, rambut, atau kotoran lainnya.

Selanjutnya, perhatikan 3 rol dalam casing mouse, inilah yang perlu dibersihkan berikutnya.

Anda bisa berimprovisasi bagaimana membersihkan rolnya, dengan lembut menggunakan kuku Anda bisa mencapai hasil yang baik. Apapun cara Anda memilih untuk membersihkannya pastikan Anda menghapus semua bekas debu / puing-puing karena potongan terkecil dapat menyebabkan mouse berperilaku tidak menentu.

Bila Anda telah menghapus semua bekas debu / kotoran dari rol dan bola itu bagus dan bersih, cukup letakkan bola kembali dan pasang kembali penutupnya dengan searah jarum jam untuk menguncinya.
Setelah benar-benar kering, pasang kembali mouse ke komputer Anda dan sebaiknya sama baiknya dengan yang baru.

Postingan populer dari blog ini

Serunya Dari Bali Langsung Sewa Mobil Jogja Untuk Liburan